Langsung ke konten utama

Tugas 6 Metode Perancangan Program

Membuat Pseodecode,Flowchart dan Program Menu Menghitung Keliling dan Luas dari:
  1. Segitiga
  2. Persegi
  3. Persegi Panjang
  4. Bujur Sangkar

JAWABAN :

Pseodecode

Start

Deklarasi
{  
    int pilihan1,pilihan2,i;
    float luas,alas, tinggi, sisi, panjang, lebar, r,s,keliling,sisi2,sisi3;
    char status1,status2,status3;

}

Deskripsi
{ Input pilihan Program
   if(status2 =='l' || status2 =='L')
goto b;
   if(status3 =='k' || status3 =='K')
goto c;
else
goto end;

  Switch pilihan 1 //program menghitung luas
  case 1 = menghitung segitiga (luas=alas*tinggi/2 )
  case 2 = menghitung persegi ( luas=sisi*sisi)
  case 3 = menghitung persegi panjang ( luas=panjang*lebar)
  case 4 = menghitung bujur sangkar (luas=sisi*s)
  
  Switch pilihan 2 //program menghitung luas
  case 5 = menghitung segitiga (keliling=sisi+sisi2+sisi3 )
  case 6 = menghitung persegi ( keliling=sisi*4)
  case 7 = menghitung persegi panjang ( keliling= 2*(panjang+lebar) )
  case  8= menghitung bujur sangkar (keliling= 4*sisi)
 Cetak hasil
 inputkan lagi? //looping kembali ke menu.
 if(status1 =='y' || status1 =='Y')
    goto a;
    else
    goto end;

END

FlowChart



















PROGRAM

#include <iostream>
#include <string.h>
#include <conio.h>
#include <windows.h>


int main()
{
    int pilihan1,pilihan2,i;
    float luas,alas, tinggi, sisi, panjang, lebar, r,s,keliling,sisi2,sisi3;
    char status1,status2,status3;

    cout<<"========MENU PERHITUNGAN SKRUY.BLOGSPOT========"<<endl;
    cout<<"==============RENDY FIRMANSYAH============="<<endl<<endl;

    cout<<"***************[PILIHAN LUAS]**************"<<endl;
    cout<<"1. Menghitung Luas Segitiga"<<endl;
    cout<<"2. Menghitung Luas Persegi"<<endl;
    cout<<"3. Menghitung Luas Persegi Panjang"<<endl;
    cout<<"4. Menghitung Luas Bujur sangkar"<<endl;

    cout<<"**************[PILIHAN VOLUME]**************"<<endl;
    cout<<"5. Menghitung Keliling Segitiga"<<endl;
    cout<<"6. Menghitung Keliling Persegi"<<endl;
    cout<<"7. Menghitung Keliling Persegi Panjang"<<endl;
    cout<<"8. Menghitung Volume Bujur sangkar"<<endl;

   a:
cout<<"\n\n Pilihan Menu ? (Luas=l / Keliling=k) : "; cin>>status2;
   cout<<"\n\n Pilihan Menu ? (Luas=l / Keliling=k) : "; cin>>status3;
   if(status2 =='l' || status2 =='L')
goto b;
   if(status3 =='k' || status3 =='K')
goto c;
else
goto end;

    b:
    cout<<"********************************************"<<endl<<endl;
    cout<<"Silahkan Pilih Program Menghitung Luas : ";
    cin>>pilihan1;

    switch(pilihan1){
    case 1 :
    cout<<endl<<"Program Luas Segitiga"<<endl;
    cout<<"Masukkan Alas segitiga : ";
    cin>>alas;
    cout<<"Masukkan Tinggi Segitiga : ";
    cin>>tinggi;
    luas=alas*tinggi/2;
    cout<<endl<<"Luas Segitiga = "<<luas<<" cm"<<endl;
    break;

    case 2 :
    cout<<endl<<"Program Luas Persegi"<<endl;
    cout<<"Masukkan Sisi Persegi : ";
    cin>>sisi;
    luas=sisi*sisi;
    cout<<endl<<"Luas Persegi = "<<luas<<" cm"<<endl;
    break;

    case 3 :
    cout<<endl<<"Program Luas Persegi Panjang"<<endl;
    cout<<"Masukkan Panjang Persegi Panjang : ";
    cin>>panjang;
    cout<<"Masukkan Lebar Persegi Panjang : ";
    cin>>lebar;
    luas=panjang*lebar;
    cout<<endl<<"Luas Persegi Panjang = "<<luas<<" cm"<<endl;
    break;

    case 4 :
    cout<<endl<<"Program Luas Bujur Sangkar";
    cout<<"Masukkan sisi : ";
    cin>>sisi;
    cout<<"sisi    : ";
    cin>>s;
    luas=sisi*s;
    cout<<endl<<"Luas Bujur Sangkar = "<<luas<<" cm"<<endl;
    break;

    default :
    cout<<endl<<"Pilihannya Cuman 1-4 looh"<<endl;
    }

    cout<<"\n\n Kembali Ke Menu? (yes=y / No=n) : "; cin>>status1;
    if(status1 =='y' || status1 =='Y')
    goto a;
    else
    goto end;

    c:
    cout<<"********************************************"<<endl<<endl;
    cout<<"Masukan Program Menghitung Keliling :";
    cin>>pilihan2;

    switch (pilihan2){

    case 5 :
    cout<<endl<<"Program Keliling Segitiga"<<endl;
    cout<<"Masukkan Sisi 1 Segitiga : ";
    cin>>sisi;
    cout<<"Masukkan Sisi 2 Segitiga : ";
    cin>>sisi2;
    cout<<"Masukkan Sisi 3 Segitiga : ";
    cin>>sisi3;
    keliling=sisi+sisi2+sisi3;
    cout<<endl<<"Keliling Segitiga = "<<keliling<<" cm"<<endl;
    break;

    case 6 :
    cout<<endl<<"Program Keliling Persegi"<<endl;
    cout<<"Masukkan sisi  : ";
    cin>>sisi;
    keliling=sisi*4;
    cout<<"keliling Persegi = "<<keliling<<"cm"<<endl;
    break;

    case 7 :
    cout<<endl<<"Program Keliling Persegi Panjang"<<endl;
    cout<<"Panjang  : ";
    cin>>panjang;
    cout<<"Lebar         : ";
    cin>>lebar;
    keliling= 2*(panjang+lebar);
    cout<<endl<<"Keliling Persegi panjang  = "<<keliling<<" cm"<<endl;
    break;

    case 8 :
    cout<<endl<<"Program Keliling Bujur Sangkar"<<endl;
    cout<<"Panjang Sisi  : ";
    cin>>sisi;
    keliling= 4*sisi;
    cout<<endl<<"Keliling Bujur Sangkar  = "<<keliling<<" cm"<<endl;
    break;

    default :
    cout<<endl<<"Pilihannya Cuman 4-8 looh"<<endl;
    }
    cout<<"\n\n Kembali Ke Menu? (yes=y / No=n) : "; cin>>status1;
    if(status1 =='y' || status1 =='Y')
    goto a;
    else
    goto end;

{
   clrscr();
end:
cout<<"\n\n ===================================================";
cout<<"\n Terimakasih Atas Kunjungannya di Skruy.blogspot.com";
cout<<"\n =====================================================";
   }

getch();
}

TAMPILAN MENU & PERHITUNGAN PROGRAM













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Resume Jenis Jaringan Komputer 1. PAN (Personal Area Network)   PAN atau Personal Area Network adalah  jaringan komputer  digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer. Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasiintrapersonal). Kegunaan Jaringan PAN Personal Area Network Menghubungkan perangkat-perangkat komputer Sebagai media komunikasi antara perangkatbsendiri (komunikasi personal) Contoh Penggunaan Jaringan PAN : Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth Contoh gambar jaringan Personal Area Network 2. MAN (Metropolitan Area Network) MAN (Metropolitan Area Network)  merupakan sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai suatu lokasi misalnya...