Langsung ke konten utama

Tugas 1 Metode Perancangan Program

Apa Itu Perancangan Program?
   Perancangan program merupakan pengembangan solusi terhadap identifikasi masalah dan menghasilkan serangkaian instruksi yang membangun sebuah program komputer untuk menghasilkan output.

Apa itu Algoritma ?
Algoritma berisi langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas.

Apa saja Syarat Sebuah Algoritma?

  • Menghasilkan keluaran (output)
  • Terdefinisi jelas (definiteness)
  • Memiliki kondisi akhir (finiteness)
  • Memberi solusi yang diharapkan (effectiveness)
  • Berlaku untuk setiap himpunan input sesuai dengan masalah yang diberikan (generality)
Jenis  Cara Menyajikan Algoritma?

PSEUDOCODE 

               Pseudocode adalah cara penulisan algoritma yang hampir menyerupai Bahasa Pemrograman, namun Pseudocode ditulis lebih sederhana dengan menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami oleh manusia.

Struktur Algoritma: 

  1. Judul (Header) yaitu  mendefinisikan nama dengan menentukan apakah teks tersebut adalah program, prosedur, fungsi.
  2. Deklarasi  yaitu mendefinisikan nama variabel, nama konstanta, nama prosedur, nama fungsi yang akan digunakan dalam algoritma.
  3. Deskripsi yaitu  mendefinisikan langkah-langkah penyelesaian masalah mulai dari input, proses dan ouput.

Contoh Pseudocode:

Program Luas_Lingkaran (Header)
{menghitung luas sebuah lingkaran apabila jari-jari
lingkaran tersebut diberikan}

Deklarasi
inisialisasi konstanta phi = 3.14
inisialisasi r, luas_lingkaran

Deskripsi
Baca data r
luas_lingkaran = phi * r * r
cetak luas_lingkaran.


FLOWCHART

   Flowchart adalah suatu alat yang menunjukkan langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan untuk komputasi dengan cara mengekspresikan ke dalam serangkaian simbol-simbol grafis.

Simbol-Simbol Flowchart

























Contoh FlowChart


Contoh Latihan Tugas !

Buatlah pseudocode & flowchart untuk menghasilkan 1 liter air dengan menggunakan tabung dengan ukuran 3 liter dan 5 liter.

JAWABAN:

Pseudocode

  1. Isi Penuh Tabung 3 liter setelah itu tuangkan semuanya ke Tabung 5 liter.
  2. Tabung 3 liter yang kosong tadi kembali di isi sampai penuh 
  3. Tuangkan Tabung tersebut ke Tabung 5 liter lagi yang terisi 3 liter didalamnya 
  4. Tabung 5 liter sekarang menjadi terisi 5 liter
  5. Tabung 3 Liter akan tersisa 1 liter
Logikanya 
3+3 = 6
6-5  = 1 
Keterangan: 
3(air pada Tabung), 6(Jumlah Air), 5(Kapasitas Tabung), 1(air yang Tersisa).


FlowChart

  referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Resume Jenis Jaringan Komputer 1. PAN (Personal Area Network)   PAN atau Personal Area Network adalah  jaringan komputer  digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer. Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasiintrapersonal). Kegunaan Jaringan PAN Personal Area Network Menghubungkan perangkat-perangkat komputer Sebagai media komunikasi antara perangkatbsendiri (komunikasi personal) Contoh Penggunaan Jaringan PAN : Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth Contoh gambar jaringan Personal Area Network 2. MAN (Metropolitan Area Network) MAN (Metropolitan Area Network)  merupakan sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai suatu lokasi misalnya...

Tugas 6 Metode Perancangan Program

Membuat Pseodecode,Flowchart dan Program Menu Menghitung Keliling dan Luas dari: Segitiga Persegi Persegi Panjang Bujur Sangkar JAWABAN : Pseodecode Start Deklarasi {       int pilihan1,pilihan2,i;     float luas,alas, tinggi, sisi, panjang, lebar, r,s,keliling,sisi2,sisi3;     char status1,status2,status3; } Deskripsi { Input pilihan Program    if(status2 =='l' || status2 =='L') goto b;    if(status3 =='k' || status3 =='K') goto c; else goto end;   Switch pilihan 1 //program menghitung luas   case 1 = menghitung segitiga (luas=alas*tinggi/2 )   case 2 = menghitung persegi ( luas=sisi*sisi)   case 3 = menghitung persegi panjang ( luas=panjang*lebar)   case 4 = menghitung bujur sangkar (luas=sisi*s)      Switch pilihan 2 //program menghitung luas   case 5 = menghitung segitiga (keliling=sisi+sisi...

Tugas 7 quiz Metode Perancangan Program

MEMBUAT PSEODECODE, FLOWCHART, DAN PROGRAM KHS Pseodecode START Input NIM,nama,kelas. Cetak tampilan menu jadwal Menghitung grade nilai matakuliah? Jika ya, maka inputkan pilihan matakuliah (1-7) Masukan nilai ujian Rumus perhitungan if (NilaiUjian >= 90) skor= 'A', if (NilaiUjian >= 70) skor= 'B', if (NilaiUjian >= 60) skor= 'C', if (NilaiUjian >= 50)skor= 'D, if (NilaiUjian <50) skor= 'E'' Cetak grade mata kuliah Menghitung ulang? Jika iya kembali ke no.4 Jika tidak lanjut ke menghitung IPK Inputkan semua nilai mutu matakuliah Proses perhitungan ipk=(si*3+so*3+wp*4+st*3+ak*3+mp*4+si*4)/24; Cetak Khs IPK  Input Ulang? Jika iya, kembali ke No.1 jika tidak, cetak "Terimakasih telah datang di skruy.blog.spot" END Flowchat  Program #include <iostream> #include <string.h> #include <conio.h> #include <windows.h> #include <stdio.h> #include <iomani...